Kereta Penataran ekpres yang telah distiker
Lomomotif CC20637 yang siap digunakan untuk Ka 7113 Penataran Ekpres di Dipo Induk Sidotopo
foto bersama dengan bapak KDT Sidotopo dengan lokomotif Ka Penataran Ekpres
(foto: dokumen Yan Ardiansyah)
Setelah dari Dipo Induk Sidotopo (SDT) kami meuju ke stasiun Surabaya Gubeng (SGU). loko yang telah kami hias di SDT di beri tambahan karangan bunga lagi untuk pemotongan pita peresmian Ka Penataran Ekpres oleh bapak kadishub Jatim (kalau gak salah :D) kami di izinkan naik Penataran Ekpres ini cuma-cuma yang ikut memang banyak sekitar 30 orang tapi tidak sampai ke Malang hanya sampai stasiun Sidoarjo karena kereta yang dari Malang menuju ke Surabaya tidak ada karena tidak ada keberangkatan setelah ka Penataran Ekpres ini ke Surabaya tidak ada.
KA Penataran Ekpres ini berhenti di stasiun Wonokromo (WO), Waru (WR), Sidoarjo (SDA), Lawang (LW). Stasiun yang dilewati Ka Penataran Ekpres yaitu dari Surabaya Gubeng(SGU), Wonokromo (WO), Waru (WR), Gedangan (GDG), Sidoajo (SDA), Tanggulangin (TGA), Porong (PR), Bangil (BG) Wonokerto (WN), Sukorejo (SKJ), Sengon (SG), Lawang (LW), Singosari (SGS), Blimbing (BMG) dan berakhir di stasiun Malang (ML). Anehnya kereta ini tidak berhenti di stasiun Bangil, mungkin tidak berhenti karena nanti banyak pedagang asongan yang masuk kedalam kereta yang berakibat kenyaman penumpang berkurang. dan mengapa berhenti di stasiun waru? padahal stasiun kecil! karena stasiun Waru Strategis yaitu dekat dengan Terminal Purabaya dan Bandara Juanda.
Jarak yang ditempuh melewati sekitar 14 stasiun dengan jarak lebih kurang 98 km. Dinamakan Penataran yang dimaksud candi, dan dinamakan ekpres karena waktu tempuhnya yang cepat dari pada kereta lokal Penataran atau Tumapel. Ditempuh hanya 2jam 5menit menggunakan Ka Penataran Ekpres, sedangkan lokal Penataran atau Tumapel sekitar 3jam. Perjalanan Ka Penataran Ekpres sehari 3pp pagi, siang, sore. Kereta ini kalau sampai di Stasiun Gubeng, loko akan di langsir pindah posisi selanjutnya diberangkatkan
Kereta ini mungkin paling unik se-Indonesia. Bagaimana tidak semua bagian luar kereta (Eksteior) di beri stiker, gambarnya pun beragam ada yang bergambar buah apel, candi, stadion gajayana, selecta, tugu sura lan boyo, jembatan suramadu, gapura Sunan Ampel. Semua gambar ini merupakan ciri-ciri khas kota Surabaya dan Malang.
Interior Ka ekonomi K3 0 93 27 Penataran ekpres
yang dihias batik biru dekat toilet dan di beri alas biru untuk kursi
Jadwal perjalanan Kereta Api Penataran Ekpres
PAGI | |||
No. Ka | Stasiun | Datang | Berangkat |
7110 | Malang (ML) | - | 04.30 |
Lawang (LW) | 04.57 | 04.59 | |
Sidoarjo (SDA) | 06.04 | 06.05 | |
Waru (WR) | 06.18 | 06.19 | |
Wonokromo (WO) | 06.27 | 06.29 | |
Sb. Gubeng (SGU) | 06.35 | - | |
No. Ka | Stasiun | Datang | Berangkat |
7109 | Sb. Gubeng (SGU) | - | 07.10 |
Wonokromo (WO) | 07.16 | 07.18 | |
Waru (WR) | 07.26 | 07.27 | |
Sidoarjo (SDA) | 07.40 | 07.42 | |
Lawang (LW) | 08.47 | 08.48 | |
Malang (ML) | 09.15 | - | |
SIANG | |||
No. Ka | Stasiun | Datang | Berangkat |
7112 | Malang (ML) | - | 09.50 |
Lawang (LW) | 10.17 | 10.19 | |
Sidoarjo (SDA) | 11.24 | 11.25 | |
Waru (WR) | 11.38 | 11.39 | |
Wonokromo (WO) | 11.47 | 11.49 | |
Sb. Gubeng (SGU) | 11.55 | - | |
No. Ka | Stasiun | Datang | Berangkat |
7111 | Sb. Gubeng (SGU) | - | 12.25 |
Wonokromo (WO) | 12.31 | 12.33 | |
Waru (WR) | 12.41 | 12.43 | |
Sidoarjo (SDA) | 12.55 | 12.57 | |
Lawang (LW) | 14.02 | 14.03 | |
Malang (ML) | 14.30 | - | |
SORE | |||
No. Ka | Stasiun | Datang | Berangkat |
7114 | Malang (ML) | - | 15.10 |
Lawang (LW) | 15.37 | 15.39 | |
Sidoarjo (SDA) | 16.44 | 16.45 | |
Waru (WR) | 16.58 | 16.59 | |
Wonokromo (WO) | 17.07 | 17.09 | |
Sb. Gubeng (SGU) | 17.10 | - | |
No. Ka | Stasiun | Datang | Berangkat |
7113 | Sb. Gubeng (SGU) | - | 17.45 |
Wonokromo (WO) | 17.51 | 17.53 | |
Waru (WR) | 18.01 | 18.02 | |
Sidoarjo (SDA) | 18.15 | 18.18 | |
Lawang (LW) | 19.23 | 19.24 | |
Malang (ML) | 19.51 | - |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar