Kamis, 16 Oktober 2014

PT. KAI Luncurkan KA New Jayabaya (Malang-Surabaya-Jakarta)

KA New Jayabaya (kirim rangkaian ke Jakarta)
foto: Haryfa Pratama
16 Oktober 2014- PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 Surabaya akan segera meluncurkan kereta baru ''Ka Jayabaya" tujuan Malang-Surabaya Pasar Turi-Semarang-Pasarsenen pada Sabtu, 18 Oktober 2014. Kereta berkelas ekonomi ini berkapasitas 80 tempat duduk per gerbong setiap harinya kereta ini menampung 640 penumpang sekali jalan dengan susunan rangkaian loko, 8 kereta ekonomi (K3), 1 kereta makan yang dilengkapi pemasok listrik (KMP3), dan 1 kereta bagasi (B)

"KA Jayabaya relasi Malang ini untuk mengakomodir keinginan masyarakat akan transportasi umum yang aman, nyaman serta bebas dari kemacetan di jalan raya," kata Sumarsono, Humas PT KA Daops 8 Surabaya dalam siaran pers yang diterima detikcom, Rabu (15/10).

Jadwal Perjalanan KA New Jayabaya
(Malang-Sb.Turi-Ps. Senen pp)

Pada tahun 2001 ada 2 kereta yang bernama Jayabaya Utara melewati pantura dan Jayabaya Selatan melewati jalur selatan jawa. KA Jayabaya Utara (bisnis) sekarang diganti KA Gumarang dan KA Jayabaya Selatan diberhentikan operasinya karena okupansi penumpangnya minim. Dan kini di bangkitkan lagi dan penambahan layanan kereta baru agar penumpang dari Kota Malang, Sidoarjo, Surabaya, dan Lamongan tidak kehabisan tiket lagi.

Kereta ini merupakan kereta ekonomi buatan anak negeri bangsa sendiri yaitu PT. Industri Kereta Api (INKA) Madiun. Kereta yang bercorak putih dengan garis biru dan orange ini dilengkapi AC, toilet, fasilitas tempat kursi roda. Harga tiket kereta ini tanggal 18-20 Oktober 2014 mendapatkan diskon 50% harga sekitar Rp. 150-250 ribu. Sedangkan tarif normalnya Rp. 168-400 ribu.

Kereta KA New Jayabaya, dengan corak garis biru dan orange
foto : Grup Facebook Indonesia Railways
  Kereta ekonomi ini hampir mirip dengan kereta bisnis. Dari susunan tempat duduk terdapat 80 kursi bila bisnis 64 kursi dan ekonomi warna orange 106 kursi. Tempat berhentinya kereta ini tak terlalu banyak, tidak seperti ekonomi. Kereta ini merupakan satu-satunya kereta penumpang yang melewati Tugu Pahlawan, Surabaya. Jadi ada pengalaman baru menggunakan kereta ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar